ARTI PENTING WISATA PENDIDIKAN INDONESIA BAGI SISWA

Program Pendidikan yang berdasarkan pada metode dan kurikulum yang diberlakukan pada setiap tingkatan sekolah saat ini hanya mengacu kepada teori semata. Sementara pendidikan Nasional harus mampu menjamin pemerataan dan kesempatan yang sama dalam peningkatan mutu pendidikan untuk menghadapi tantangan dan tuntutan perubahan secara global. Salah satunya adalah praktek atau peragaan langsung untuk meningkatkan kecerdasan dan daya mengingat kembali bagi siswa tentang materi pelajaran disekolah, juga sekaligus membantu peran guru lebih memperlancar proses kegiatan belajar mengajar.

Demikian yang di tuturkan oleh Ibu Juwarsih Hastaria N.  Penyeleggara Kegiatan Wisata Pendidikan Indonesia, Saat ini sedang mempresentasikan/sosialisasi Program Kegiatan Wisata Pendidikan Indonesia disekolah SDN Loji 3 Sindang Barang Bogor. Beliau melanjutkan penuturanya, bahwa Wisata Pendidikan Indonesia, adalah sebagai langkah memudahkan siswa mengerti akan arti Wisata itu sendiri, karena didalamnya banyak program kegiatan yang berkenaan dengan Teknik dan Instrumen penilaian yang tertuang dalam Peraturan Mentri (Perment) nomor  19 tahun 2007. tentang standar pengelolaan pendidikan oleh satuan pendidikan dasar dan menengah, Alenia 5. Bidang Kurikulum dan Kegiatan pembelajaran huruf. a. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). jungto lampiran Peraturan Mentri nomor 20 tahun 2007.  Tentang Setandar Penilaian Pendidikan pada alinea Huruf C. Teknik dan Instrumen Penilaian

  1. penilaian hasil belajar oleh pendidik menggunakan berbagai teknik penilaian berupa tes, Observasi, penugasan perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakeristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik
  2. teknik tes berupa tes tertulis, tes lisan, tes praktek atau tes kinerja.
  3. teknik observasi atau pengamatan dilakukan selama pembelajaran berlangsung dan/atau diluar kegiatan pembelajaran
  4. teknik penugasan baik perseorangan maupun kelompok dapat berbentuk tugas rumah dan/atau proyek.
  5. dan seterusnya ..........................
  6. ...............................dst...............

Kami, Wisata Pendidikan Indonesia  (WPI) sudah berjalan lebih dari 3 tahun yang saat peluncuran perdananya di buka Oleh Direktur Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departeman Pendidikan Nasional  Bapak Prof. Suyanto. Ph.D. dan sambutan diwakili oleh Kasubdit Bidang Kesiswaan DEPDIKNAS. Ibu  Asih Dewi Hendriyani SH. MSI. Demikian dijelaskan. Sejalan dengan sosialisasi kami kesetiap daerah, maka kami akan membuat surat pemberitahuan kepada para Kepala Daerah C/q Dinas Pendidikan dan Lembaga Pendukung Lainnya
.
 Selanjutnya,  bahwa Wisata Pendidikan Indonesia (WPI)  berorientasi pada unsur Pendidikan yang sangat berhubungan dengan kegiatan kesiswaan yang meliputi program  remidial dan pengayaan.
Bahwa program Wisata Pendidikan Indonesia (WPI) juga adalah sebagai salah satu  upaya untuk mengoptimalkan dan meningkatkan mutu pendidikan secara praktek/peragaan langsung  pada tingkat dasar dan menengah yang kegiatannya berada di beberapa lokasi Wahana Wisata,  Terutama materi tentang Ilmu Pengetahuan Saint Teknologi, pengetahuan Sosial dan Ilmu Biologi serta pengetahuan tentang Plora dan Fauna serta Seni dan Budaya. dan sebagainya.

Penyelenggaraan Wisata Pendidikan Indonesia adalah sebagai momen penting dalam rangka menunjang kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan mutu pendidikan yang dikemas dalam bentuk Edukasi, serta penyusunan paketnya disesuaikan dengan kurikulum pada tingkatan pendidikan baik sekolah dasar maupun menengah. Secara ringkas dan praktis sehingga menjadi daya tarik tersendiri seperti, penetapan wahana Wisata yang didukung oleh para Pendidik dan pelaku Objek pariwisata serta lembaga/steak holder. Disisi lain juga kami membuat Event-event tertentu seperti promosi dagang, serta pengiriman Duta sekolah untuk mengikuti kegiatan ditingkat Propinsi, Nasional Maupun Internasional. Dan kami juga menjaga serta memelihara kepribadian dan Budaya Bangsa, Khususnya Budaya Lokal sebagai akar dari budaya nasional yang mencakup Adat Istiadat dan nilai-nilai Agama.
Dari semua kegiatan yang kami selenggarakan , Yang tidak kalah menariknya adalah memberikan dampak positip bagi kepribadian siswa;

  1. Mempermudah peran Guru dalam belajar mengajar 
  2. pengetahuan dibidang kepariwisataan,
  3. berketrampilan tinggi
  4. berkepribadian dan berkebudayaan
  5. meningkatkan wawasan Idealisme dan patriotisme kebangsaan.

Juwarsih HN
Pada prinsipnya kami akan berupaya semaksimal mungkin karena ini menyangkut pembelajaran di luar Sekolah, yang mengacu pada KTSP 2006. Tentang Pembelajaran Aktif  Inofativ, Kreatf dan Menyenangkan (PAIKEM) kami berharap agar Wisata Pendidikan Indonesia (WPI) menjadi salah satu Kurikulum Pendidikan Sekolah tingkat dasar dan Menengah dan  ini semoga bisa diterima di setiap Dinas Kota dan Kabupaten Seluruh Indonesia. Amin...

1 komentar: