Program Pendidikan yang berdasarkan pada metode dan
kurikulum yang diberlakukan pada setiap tingkatan sekolah saat ini hanya
mengacu kepada teori semata. Sementara pendidikan Nasional harus mampu menjamin
pemerataan dan kesempatan yang sama dalam peningkatan mutu pendidikan untuk menghadapi
tantangan dan tuntutan perubahan secara global. Salah satunya adalah praktek
atau peragaan langsung untuk meningkatkan kecerdasan dan daya mengingat kembali
bagi siswa tentang materi pelajaran disekolah, juga sekaligus membantu peran
guru lebih memperlancar proses kegiatan belajar mengajar.
Demikian yang di
tuturkan oleh Ibu Juwarsih Hastaria N. Penyeleggara Kegiatan Wisata Pendidikan Indonesia, Saat ini sedang mempresentasikan/sosialisasi Program Kegiatan
Wisata Pendidikan Indonesia disekolah SDN Loji 3 Sindang Barang Bogor. Beliau
melanjutkan penuturanya, bahwa Wisata Pendidikan Indonesia, adalah sebagai
langkah memudahkan siswa mengerti akan arti Wisata itu sendiri, karena
didalamnya banyak program kegiatan yang berkenaan dengan Teknik dan Instrumen
penilaian yang tertuang dalam Peraturan Mentri (Perment) nomor 19 tahun 2007. tentang standar pengelolaan
pendidikan oleh satuan pendidikan dasar dan menengah, Alenia 5. Bidang
Kurikulum dan Kegiatan pembelajaran huruf. a. Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP). jungto lampiran Peraturan Mentri nomor 20 tahun 2007. Tentang Setandar Penilaian Pendidikan pada
alinea Huruf C. Teknik dan Instrumen Penilaian
- penilaian hasil belajar oleh pendidik menggunakan berbagai teknik penilaian berupa tes, Observasi, penugasan perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakeristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik
- teknik tes berupa tes tertulis, tes lisan, tes praktek atau tes kinerja.
- teknik observasi atau pengamatan dilakukan selama pembelajaran berlangsung dan/atau diluar kegiatan pembelajaran
- teknik penugasan baik perseorangan maupun kelompok dapat berbentuk tugas rumah dan/atau proyek.
- dan seterusnya ..........................
- ...............................dst...............
Kami, Wisata
Pendidikan Indonesia (WPI) sudah
berjalan lebih dari 3 tahun yang saat peluncuran perdananya di buka Oleh
Direktur Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departeman Pendidikan
Nasional Bapak Prof. Suyanto. Ph.D. dan
sambutan diwakili oleh Kasubdit Bidang Kesiswaan DEPDIKNAS. Ibu Asih Dewi Hendriyani SH. MSI. Demikian
dijelaskan. Sejalan dengan sosialisasi kami kesetiap daerah, maka kami akan
membuat surat pemberitahuan kepada para Kepala Daerah C/q Dinas Pendidikan dan
Lembaga Pendukung Lainnya.
Selanjutnya,
bahwa Wisata Pendidikan Indonesia (WPI)
berorientasi pada unsur Pendidikan yang sangat berhubungan dengan
kegiatan kesiswaan yang meliputi program
remidial dan pengayaan.
Bahwa program Wisata
Pendidikan Indonesia (WPI) juga adalah sebagai salah satu upaya
untuk mengoptimalkan dan meningkatkan mutu pendidikan secara praktek/peragaan
langsung pada tingkat dasar dan menengah
yang kegiatannya berada di beberapa lokasi Wahana Wisata, Terutama materi tentang Ilmu Pengetahuan Saint
Teknologi, pengetahuan Sosial dan Ilmu Biologi serta pengetahuan tentang Plora
dan Fauna serta Seni dan Budaya. dan sebagainya.
Penyelenggaraan
Wisata Pendidikan Indonesia adalah sebagai momen penting dalam rangka menunjang
kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan mutu pendidikan yang dikemas dalam
bentuk Edukasi, serta penyusunan paketnya disesuaikan dengan kurikulum pada
tingkatan pendidikan baik sekolah dasar maupun menengah. Secara ringkas dan
praktis sehingga menjadi daya tarik tersendiri seperti, penetapan wahana Wisata
yang didukung oleh para Pendidik dan pelaku Objek pariwisata serta
lembaga/steak holder. Disisi lain juga kami membuat Event-event tertentu
seperti promosi dagang, serta pengiriman Duta sekolah untuk mengikuti kegiatan
ditingkat Propinsi, Nasional Maupun Internasional. Dan kami juga menjaga serta
memelihara kepribadian dan Budaya Bangsa, Khususnya Budaya Lokal
sebagai akar dari budaya nasional yang mencakup Adat Istiadat dan nilai-nilai
Agama.
Dari semua kegiatan
yang kami selenggarakan , Yang tidak kalah menariknya adalah memberikan dampak
positip bagi kepribadian siswa;
- pengetahuan dibidang kepariwisataan,
- berketrampilan tinggi
- berkepribadian dan berkebudayaan
- meningkatkan wawasan Idealisme dan patriotisme kebangsaan.
Pada prinsipnya kami
akan berupaya semaksimal mungkin karena ini menyangkut pembelajaran di luar
Sekolah, yang mengacu pada KTSP 2006. Tentang Pembelajaran Aktif Inofativ, Kreatf dan Menyenangkan (PAIKEM) kami berharap agar Wisata Pendidikan Indonesia
(WPI) menjadi salah satu Kurikulum Pendidikan Sekolah tingkat dasar dan
Menengah dan ini semoga bisa diterima di setiap Dinas Kota
dan Kabupaten Seluruh Indonesia. Amin...
0 komentar:
Posting Komentar