Bogor Edutainment
Penyelenggara kegiatan Wisata Pendidikan Indonesia (WPI)
Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.
I. Maksud dan tujuan
Wisata “Pendidikan Indonesia” Bogor Edutainment adalah metode yang merangsang keaktifan dan Kreatifitas peserta agar secara sederhana dapat mengamati dan memperagakan / memperaktikan serangkaian objek/ materi pelajaran. Pembelajaran yang dilengkapi pengamatan langsung dan peragaan/ praktik akan lebih mudah diterima serta lebih cepat untuk diingat kembali.
III. PESERTA KEGIATAN
Siswa TK/ SD/ SMP/ Sederajat baik yang berada di
Bogor maupun diluar Bogor
IV. URAIAN KEGIATAN
V. MANFAAT
Tingkat kemanfaatan yang dirasakan sebagai nilai tambah dari hasil pelaksanaan program pembangunan
pariwisata dan seni budaya tahu 2009 dapat dikemukakan :
VI. FASILITAS DAN SUMBER BIAYA/ PAKET
A. Fasilitas
Penyelenggara kegiatan Wisata Pendidikan Indonesia (WPI)
Merupakan rangkaian Wisata untuk memperaktikan / memperagakan
/ mengamati langsung materi ajar berbagai mata pelajaran dan memperkenalkan
wawasan, serta kearifan Budaya dan seni
Tradisional Indonesia sekaligus hiburan, khususnya bagi para siswa sekolah
TK/SD/ SMP/ SEDERAJAT melalui berbagai pasilitas karya wisata ‘’Pendidikan Indonesia’’ Bogor Edutainment
Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.
I. Maksud dan tujuan
- untuk Mensukseskan Program kegiatan kesiswaan yang meliputi program Remidial dan Pengayaan berdasarkan kurikulum 2006/KTSP tentang pembelajaran aktif kreatif dan menyenangkan (PAKEM).
- untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, budaya dan Ilmu Pengetahuan Teknologi
- guna meningkatkan kecerdasan dan daya mengingat kembali bagi siswa sekolah SD dan SMP/Sederajat, serta Memiliki kemampuan yang baik dalam bersosialisasi dan bekerja sama serta menguatnya rasa percaya diri.
- mempermudah siswa sekaligus membantu para guru lebih memperlancar proses belajar mengajar selanjutnya.
- menanamkan sejak dini rasa persatuan dan kesatuan bangsa melalui pengenalan keberagaman serta kearifan budaya tradisional dan Kepariwisataan
- Menyajikan rekreasi / hiburan yang sehat dan hemat bagi peserta
II. METODE KEGIATAN
Wisata “Pendidikan Indonesia” Bogor Edutainment adalah metode yang merangsang keaktifan dan Kreatifitas peserta agar secara sederhana dapat mengamati dan memperagakan / memperaktikan serangkaian objek/ materi pelajaran. Pembelajaran yang dilengkapi pengamatan langsung dan peragaan/ praktik akan lebih mudah diterima serta lebih cepat untuk diingat kembali.
III. PESERTA KEGIATAN
Siswa TK/ SD/ SMP/ Sederajat baik yang berada di
Bogor maupun diluar Bogor
IV. URAIAN KEGIATAN
- Lokasi objek wisata, situs-situs/ Benda Cagar Budaya dan panorama Alam serta Wahana Wisata Edukasi yang berada di Bogor maupun diluar Bogor
- Waktu pelaksanaan : 5 jam Hari : Senin, Selasa, Rabu, Kamis
- Paket wisata : peserta dibimbing oleh pemandu wisata dan guru Sekolah masing masing, paket wisata disajikan dengan pola dan Materi kegiatan yang sudah ditentukan
V. MANFAAT
Tingkat kemanfaatan yang dirasakan sebagai nilai tambah dari hasil pelaksanaan program pembangunan
pariwisata dan seni budaya tahu 2009 dapat dikemukakan :
- Meningkatnya produksi dan kualitas produk wisata
- Menambah Wawasan dan ilmu pengetahuan yang mudah diingat kembali sehingga lebih mudah mengikuti pembelajaran selanjutnya
- Memiliki kemampuan yang baik dalam bersosialisasi dan bekerja sama serta menguatnya rasa percaya diri
- Merasakan hiburan dan menjelajahi panorama alam bogor secara mudah dan hemat.
- Meningkatkan Image Kepedulian terhadap dunia Pendidikan
- Bertambahnya kegiatan masyarakat di sekitar obyek-obyek wisata.
VI. FASILITAS DAN SUMBER BIAYA/ PAKET
A. Fasilitas
- Transportasi sekolah- tujuan wisata PP. Setiap 1. paket Karya wisata disediakan sebuah bis wisata dengan kapasitas 59. dan 27. tempat duduk dilengkapi AC, GPS. TV. Termasuk biaya pengemudi, BBM, Tol dan Parkir
- wahana wisata sesuai dengan pilihan
- Buku panduan, Setiap peserta mendapatkan 1 buku Panduan
- Pemandu wisata Disediakan pemandu yang mendampingi dan membimbing para siswa dalam kegiatan karya wisata
- Konsumsi, Setiap peserta disediakan makan siang serta snack : 3. Macam kue dan air mineral gelas.
- sertifikat kegiatan, setiap peserta mendapat sertifikat Bogor Edutainment dengan penilaian oleh guru pembimbing wisata dari sekolah masing-masing. Sertifikat ditanda tangani oleh penyelenggara dan kepala sekolah.
Anggaran kegiatan kesiswaan program remidal dan
pengayaan dari sekolah atau partisipasi/ dukungan dari orang tua murid/ peran
serta masyarakat yang disetujui oleh kepala sekolah/ guru dan komite sekolah,
sesuai dengan ketentuan yang berlaku
VII. PENGELOLA KEGIATAN
Kegiatan Karya Wisata “Pendidikan Indonesia” dikelola oleh
“Bogor Edutainment”
VIII. PENUTUP.
Berangkat dari kepedulian terhadap
kompleksitas yang terjadi di dalam penyelenggraan kepariwisataan di Indonesia, "Wisata Pendidikan Indonesia’’ (WPI) Bogor
Edutainment ini berupaya untuk ikut
ambil bagian dalam pariwisata yang
multi-sektoral dan multi-disiplin agar dapat berjalan sesuai dengan berbagai
kepentingan para pelaku yang terkait
Dalam konteks Wisata Pendidikan Indonesia, Kebudayaan dan pariwisata
harus dipandang sebagai ‘suatu sistem’. Dalam
sistem tersebut tercakup berbagai komponen yang saling berinteraksi Oleh
karena itu perlu adanya sinergi kebijakan yang mengatur penyelenggaraan Kepariwisataan.
Penyelenggaraan ‘’Karya wisata Pendidikan Indonesia ‘’ Bogor
Edutainment akan berhasil apabila di dalam penyelenggaraannya
didasari oleh berbagai perangkat
kebijakan yang terpadu baik yang terkait langsung maupun tidak langsung.
Demikian, Semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya para siswa
Sekolah, bangsa dan negara serta di Ridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Atas segala
perhatian dan perkenannya kami mengucapkan banyak terima kasih.
Bogor
, 15 Oktober 2010.
Hormat
Kami,
Koordinator pelaksana Wisata
Pendidikan Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar